Jumat, 13 Oktober 2017

Siapa Bilang Bikin Akuarium itu Mahal? Kamu Bisa Baca Tips-nya Disini

Assalaamu'alaikum

Hai semua!
Selamat pagi :)

Akhirnya aku ngepost buat yang kedua kalinya. Hahaha. Ternyata mood nulis emang susah ditebak. Tapi kali ini bukan tulisan baru. Ini pernah aku post di blog sebelumnya, dan sekarang mau aku re-post di sini. Jadi blog lama udah dihapus ya.

Cerita ini aku tulis pas lagi nganggur nungguin lem silikon yang dipake di alat pengujian TA (Tugas Akhir) kering. It needs one day. Dulu aku nulis “Wish I can finish it fastly. Aamiin. Semangat TA!”. Sekarang aku ganti jadi “Bener-bener butuh kesabaran saat itu”. Hahaha

Ceritanya hari itu aku ke toko advertising, mau ngambil akrilik buat TA. Pas di jalan pulang, ada telfon dari temen (baca: sahabat) semeja (mejanya beda, tapi didempetin) aku. Dia nitip ikan buat di akuarium.

Jadi akuarium itu bikinan dia sendiri. Awalnya dibikin di rumah, trus dibawa ke kampus dan  diletakin di lab (laboratorium) kami. Tapi dia cuma bawa akuarium aja, buat mesin, saringan, lampu, dan hiasannya dia rangkai sendiri di lab. Ternyata dia udah ahli gitu bikin akuarium. Wajar sih emang. Dia, entah kenapa, adaa aja yang dibikin. Anaknya kreatif banget.

Terus, aku mulai deh mewawancari dia gimana cara bikin akuarium itu.

Ini sedikit tips yang aku dapet setelah rempong dengan sekian pertanyaan :D :

A. Alat dan bahan yang diperlukan:
1. Kaca (ukuran bisa disesuaikan)
2. Lem silikon kaca
3. Lampu aquarium
4. Mesin untuk memompakan air
5. Saluran untuk mengalirkan air
5. Gabus
6. Air

B. Cara membuat:
1. Rekatkan kaca (sesuai desain yang diinginkan) menggunakan lem silikon kaca.
2. Letakkan lampu di bagian yang diinginkan  (pilih tempat  yang strategis agar cahaya bisa menyebar ke seluruh bagian akuarium).
3. Buat tempat saringan air di bagian atas akuarium, isi dengan gabus untuk penyaring kotoran.
4. Letakkan mesin dan saluran air.
5. Keringkan bagian yang telah direkatkan dengan lem silikon lebih kurang satu hari.
6. Isi akuarium dengan pasir atau hiasan-hiasan yang diinginkan, tata sebagus mungkin.
7. Masukkan air, tunggu lebih kurang satu hari (untuk mengetes apakah ada bagian aquarium yang bocor)
8. Buang air yang telah dimasukkan tersebut (hal ini berguna agar racun-racun yang ada pada hiasan aquarium bisa diminimalisir)
9. Isi dengan air yang baru dan bersih, masukkan ikan. Untuk pemilihan ikan, harus benar-benar mengerti ya. Jangan sampai ada ikan yang jadi predator digabungkan dengan ikan yang 'lemah'. Silahkan baca-baca panduan memelihara ikan di google, ya.

Nah, ini beberapa akuarium yang udah dia bikin. Cekidot.

1. Yang ini dia bikin pas KKN (Kuliah Kerja Nyata).



2. Ini yang paling gede. Aku lupa nanyain ukurannya.


3. Nah, akuarium ngga melulu bentuk persegi atau persegi panjang ya. Bisa dikreasikan.


4. Dan taraaaa.. Ini yang buat di lab.


Buat akuarium yang dibikin ini, modalnya nggak terlalu mahal kok. Contohnya akuarium yang diletakin di lab. Mobil kuning itu sebenernya mouse leptop temen aku, tapi udah rusak, jadi dimanfaatin aja. Trus, batang pohon kelapa itu sebenernya adalah pena aku yang entah kenapa bisa sampe disana -_- . Buat ranting pohon, ambil yang udah jatuh aja, dan dibersihin. Nah, ini agak tricky nih. Ranting itu bakal mengapung kalau dimasukin ke dalam air. Jadi disiasati dengan menumpuknya dengan batu dan dikasih lem. Batu-batu kecil mudah lah ya dicari, ada banyak. Kalau wallpaper itu biar si ikan ngerasa bener-bener di laut aja., jadi dipilih motif itu. Dan, plis jangan tanya kenapa disana ada uang koin. Mau tau banget? Ini rahasia aku, temen aku, dan kamu aja ya. Jadi, kata temen aku itu, si ikan suka belanja. Jadi dia butuh uang buat belanja, plus mobil sebagai alat transportasinya. Sssstt… Ini rahasia ya.

Naaahhh,,
Jadi itulah cara sederhana membuat akuarium yang lucu ala kami (temen aku yang bikin, aku komentator) :D
Semoga bermanfaat ya. Boleh dicoba juga, nanti silahkan di-share hasilnya. Atau ada yang pernah bikin dan mau nge-share caranya? Boleh banget! J

Thankyou for reading.
See ya.

Wassalaam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar